Hay sahabat sharing, kali ini saya akan mengembangkan referensi kuesioner penelitian di kampus maupun di lapangan (survey pasar).
Kuesioner dalam istilah lain disebut angket. Kuesioner sering dipakai oleh mahasiswa tingkat selesai untuk melaksanakan penelitian, baik kuantitatif maupun kualitatif. Selain itu para pemilik perjuangan atau produk juga sering memakai kuesioner untuk mengetahui kepuasan pelanggan dan lain-lain.
Isi Artikel
Pengertian Kuesioner / Angket
Kuesioner ialah suatu daftar pertanyaan yang harus di isi oleh responden sebagai sarana untuk mengumpulkan gosip wacana perilaku, karakteristik, keyakinan dan sikap sekelompok orang atau organisasi.
Sedangkan berdasarkan Bimo Walgito (2010), kuesioner/angket ialah suatu daftar yang isinya pertanyaan-pertanyaan yang akan dijawab oleh responden yang ingin diselidiki.
Kuesioner berdasarkan bentuk pertanyaannya dibagi menjadi tiga:
- Kuesioner Pertanyaan Terbuka: mengandung pertanyaan-pertanyaan yang menawarkan kebebasan kepada responden untuk menjawab pertanyaan tanpa batas. Basanya dipakai untuk mendapat gosip opini.
- Kuesioner Pertanyaan Tertutup: mengandung pertanyaan-pertanyaan yang disertai pilihan jawaban. Responden hanya bisa menjawab dengan pilihan yang diberikan. Cara menjawab biasanya dengan tanda cawang, silang atau lingkaran.
- Kesioner Terbuka dan Tertutup: kuesioner yang berisi perpaduan pertanyaan terbuka dan tertutup.
Kuesioner / angket dibentuk untuk memperoleh data yang relevan, valid dan mempunyai reliabilitas yang tinggi.
Hal –Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Kuesioner
Membuat kuesioner bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang lantaran semua tools nya sudah tersedia, baik secara manual memakai kertas atau secara online memakai google doc atau media sosial.
Susah jikalau tidak tahu cara dan mekanismenya. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menciptakan kuesioner:
- Sebaiknya hindari kuesioner yang singkat.
- Hindari memakai istilah-istilah yang teknis, khusus atau kompleks yang sulit dipahami responden.
- Buatlah kuesioner yang menarik ibarat memakai font warna atau mungkin bergambar.
- Jangan lupa tuliskan di awal atau di selesai wacana kepada siapa kuesioner itu harus dikumpulkan beserta nomer telfon, email dan alamatnya.
- Buatlah kalimat yang singkat, terang dan lugas memakai variasi abjad tebal, miring atau kapital.
- Mulai dengan item yang mudah dan menarik dan letakkan kalimat yang mungkin agak sulit dan komples di selesai kuesioner.
- Berikan referensi bagaimana mengisi kuesioner sesuai aturan.
- Aturlah bahasa dalam kuesioner sebaik dan semudah mungkin dipahami, lantaran biasanya orang hanya membaca pertanyaan-pertanyaan dalam kuesioner sacara cepat.
Baca Juga: Contoh Kata Pengantar Skripsi
Contoh Kuesioner Penelitian / Angket Penelitian
Buat kau yang mau melaksanakan penelitian, di bawah ini saya berikan referensi kuesioner penelitian oleh salah satu mahasiswa di suatu kampus. Kuesioner yang baik biasanya terdiri dari surat permohonan menjadi responden, lembar persetujuan menjadi responden, dan kuesioner.
Contoh Kuesioner : Surat Permohonan Menjadi Responden
SURAT PERMOHONAN MENJADI RESPONDEN
Kepada Yth.
Calon Responden
Di tempat
Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Dola Desriyesi
NIM : 1210323008
Program Studi : Ilmu Keperawatan Universitas Andalas
Bermaksud akan mengadakan penelitian dengan judul “Hubungan Kepatuhan wacana Diet, Pengobatan dan Aktivitas Fisik dengan Pengendalian Tekanan Darah pada Lansia Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Belimbing Padang”.
Penelitian ini tidak akan menimbulpkan akhir yang merugikan bagi responden. Semua gosip dari hasil penelitian akan dijaga kerahasiaannya dan hanya dipergunakan untuk kepentingan penelitian. Jika saudara/i bersedia, maka saya mohon kesediaan untuk menandatangani lembar persetujuan yang saya lampirkan.
Atas perhatian dan kesediaannya menjadi responden saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Dola Desriyesi
Contoh Kuesioner : Lembar Persetujuan Menjadi Responden Penelitian
LEMBAR PERSETUJUAN MENJADI RESPONDEN PENELITIAN
(Informed Consent)
Saya yang bertandatangan dibawah ini bersedia menjadi responden sehabis diberikan klarifikasi dalam penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu:
Nama : Dola Desriyesi
No. BP : 1210323008
Judul : Hubungan Kepatuhan wacana Diet, Pengobatan dan Aktivitas Fisik dengan Pengendalian Tekanan Darah pada Lansia Penderita Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Belimbing Padang.
Demikianlah surat persetujuan ini saya tandatangani tanpa adanya paksaan dari pihak manapun. Saya menyadari bahwa penelitian ini tidak akan merugikan saya sebagai responden, oleh lantaran itu saya bersedia menjadi responden
Responden
Padang, Juni 2016
( )
Contoh Kuesioner : Lembar Kuesioner
KUESIONER PENELITIAN
HUBUNGAN KEPATUHAN TENTANG DIET, PENGOBATAN DAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP PENGENDALIAN TEKANAN DARAH PADA LANSIA PENDERITA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA
PUSKESMAS BELIMBING PADANG
Petunjuk pengisian :
Jawablah pertanyaan berikut dengan mengisi balasan atau menawarkan tanda centang (√) pada kotak yang tersedia di bawah ini!
- Identitas Responden
- Nomor :
- Nama (Inisial) :
- Umur :
- Jenis Kelamin : (1) Laki-laki (2) Perempuan [ ]
- Pendidikan terakhir : 1) Tidak Sekolah/Tidak Lulus SD
2) SD
3) SMP [ ]
4) SMA
5) Perguruan Tinggi
- Pekerjaan : 1) PNS/Pensiunan PNS
2) POLRI/TNI/Pensiunan
3) Pegawai Swasta/Wiraswasta [ ]
4) Ibu Rumah Tangga
5) Petani
6) Lain-lain
- Kuisioner Kepatuhan Diet (Compliance to dietary regimen Quetionnaire)
Keterangan:
SS = Sangat Sering JR = Jarang
SR = Sering TP = Tidak Pernah
KK = Kadang-Kadang
Diet Regimen | SS (5) | SR (4) | KK (3) | JR (2) | TP (1) |
1. Saya mengkonsumsi produk kedelai ibarat tahu dan tempe dan kacang-kacangan sperti buncis dan lain-lain. | |||||
2. Saya mengkonsumsi masakan tanpa lemak ibarat daging tanpa lemak dan ayam tanpa kulit. | |||||
3. Saya mengkonsumsi produk olahan susu rendah lemak ibarat susu rendah lemak dan keju rendah lemak. | |||||
4. Saya mengkonsumsi padi-padian dan olahannya ibarat nasi, roti gandum, sereal, dan oatmeals | |||||
5. Saya mengkonsumsi sayuran berdaun kuning dan hijau ibarat wortel, kubis, labu dan kangkung | |||||
6. Saya mengkonsumsi buah-buahan ibarat apel, alpukat, melon, jeruk, pepaya dan anggur | |||||
7. Saya tidak mengkonsumsi masakan tinggi kolesterol dan goreng-gorengan | |||||
8. Saya tidak mengkonsumsi masakan kaleng ibarat sarden. | |||||
9. Saya tidak mengkonsumsi masakan tinggi garam ibarat ikan asin dan lain-lain | |||||
10. Saya tidak mengkonsumsi masakan yang mengandung baking soda ibarat masakan ringan manis bolu, masakan ringan manis kering dan lain-lain | |||||
Total Skor | |||||
Skor rata-rata |
- Kuisioner Kepatuhan Pengobatan MMAS-8 (Morisky Medication Adherence Scale)
Pertanyaan | Jawaban Pasien | Skor (Ya=1/ Tidak = 0 | |
Ya | Tidak | ||
1. Pernahkah Anda lupa minum obat? | |||
2. Selain lupa, mungkin anda tidak minum obat lantaran alasan lain. Dalam 2 ahad terakhir, apakah Anda pernah tidak minum obat? | |||
3. Pernahkah anda mengurangi atau berhenti minum obat tanpa sepengetahuan dokter lantaran Anda merasa obat yang diberikan menciptakan keadaan Anda menjadi lebih buruk? | |||
4. Pernahkah Anda lupa membawa obat ketika bepergian? | |||
5. Apakah Anda masih meminum obat Anda kemarin? | |||
6. Ketika Anda mencicipi tanda-tanda yang dialami telah teratasi apakah Anda berhenti minum obat? | |||
7. Meminum obat setiap hari merupakan suatu ketidaknyamanan untuk beberapa orang. Apakah anda merasa terganggu harus meminum obat setiap hari? | |||
8. Seberapa sering Anda lupa minum obat? Keterangan: Selalu : 7 kali dalam seminggu Biasanya : 4-6 kali dalam seminggu Kadang-kadang : 2-3 kali dalam seminggu Sesekali : 1 kali dalam seminggu Tidak Pernah : Tidak pernah lupa | a. Tidak pernah b. Sesekali c. Kadang-Kadang d. Biasanya e. Selalu
| ||
Total Skor |
Skor 0 = kepatuhan tinggi Skor 3-8 = kepatuhan rendah
Skor 1-2 = kepatuhan sedang
- General Practice Physical Activity Questionnaire (GPPAQ)
- Jenis dan jumlah acara fisik yang terlibat dalam pekerjaan Anda.
No | Kegiatan | Tandai satu kotak saja |
a. | Saya tidak bekerja (mis: pensiunan, pensiun lantaran alasan kesehatan, pengangguran, total care dll) | |
b. | Saya menghabiskan sebagian besar waktu saya di daerah kerja dengan duduk (seperti di kantor) | |
c. | Saya menghabiskan sebagian besar waktu saya di daerah kerja dengan berdiri atau berjalan. Namun, pekerjaan saya tidak memerlukan banyak perjuangan fisik yang intens (misalnya tangan kanan toko, penata rambut, penjaga keamanan, pengasuh, dll) | |
d. | Pekerjaan saya melibatkan upaya fisik yang terang termasuk membawa benda berat dan memakai alat (misalnya perawat di rumah sakit, tukang ledeng, tukang listrik, tukang kayu, cleaning service, tukang kebun, pekerja pengiriman pos dll) | |
e. | Pekerjaan saya melibatkan acara fisik yang berat termasuk membawa objek yang sangat berat (misalnya pekerja konstruksi dll) |
- Dalam seminggu terakhir, berapa jam yang Anda habiskan untuk masing-masing kegiatan berikut ini?
Tidak ada | Kurang dari 1 jam | 1 jam tetapi kurang dari 3 jam | 3 jam atau lebih | ||
a. | latihan fisik ibarat berenang, jogging, aerobik, sepak bola, tenis, gym dll | ||||
b. | Bersepeda, termasuk bersepeda ke daerah kerja dan selama waktu luang | ||||
c. | Berjalan, termasuk berjalan kaki ke daerah kerja, belanja, untuk kesenangan dll | ||||
d. | Pekerjaan rumah tangga / merawat Anak | ||||
e. | Berkebun |
- Bagaimana anda menggambarkan kecepatan berjalan kaki Anda? Tandai satu kotak saja.
Lambat (< 4,8 km/jam) [ ]
Kecepatan biasa [ ]
Melangkah cepat [ ]
Melangkah sangat cepat (>6,4 km/jam)
- Tekanan Darah
TD 1 | TD 2 | TD 3 | Rata-rata tekanan darah |
Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan
Kuesioner kepuasan pelanggan biasanya lebih sederhana dari pada kuesioner penelitian. Kuesioner hanya terbagi menjadi dua bab utama, yakni identitas responden/pelanggan dan kuesioner.
Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan #1
KUESIONER KEPUASAN PELANGGAN
DI PUSKESMAS KARANGMALANG
Nama Responden :
Umur Responden :
Jenis Kelamin :
Pendidikan Terakhir :
Pekerjaan :
Alamat :
- Menurut Anda, bagaimana akomodasi alur untuk berobat/kontrol/imunisasi di bab KIA Puskesmas Karangmalang?
- Tidak mudah
- Kurang mudah
- Mudah
- Sangat mudah
- Menurut Anda, bagaimana kesesuaian persyaratan pelayanan (kartu bayi, ibu hamil) dengan jenis pelayanan yang Anda dapatkan di bab KIA Puskesmas Karangmalang? Sudahkah tersedia sesuai dengan impian Anda?
- Tidak sesuai
- Kurang sesuai
- Sesuai
- Sangat sesuai
- Menurut Anda, bagaimana kejelasan dan kepastian petugas yang menawarkan pelayanan di bab KIA Puskesmas Karangmalang? Apakah petugasnya sama atau sering berganti-ganti? Apakah Anda mengerti pelayanan khusus di ruang KIA itu apa saja?
- Tidak Jelas
- Kurang Jelas
- Jelas
- Sangat Jelas
- Menurut Anda, bagaimana kedisiplinan (berada di tempat, tiba sempurna waktu) petugas dalam menawarkan pelayanan di bab KIA Puskesmas Karangmalang?
- Tidak disiplin
- Kurang disiplin
- Disiplin
- Sangat disiplin
- Menurut Anda, bagaimana tanggungjawab petugas dalam menawarkan pelayanan di bab KIA Puskesmas Karangmalang? Apakah bidan/perawat melayani Anda sesuai dengan pekerjaan mereka?
- Tidak bertanggungjawab
- Kurang bertanggungjawab
- Bertanggungjawab
- Sangat bertanggungjawab
- Menurut Anda, bagaimana kemampuan petugas dalam menawarkan pelayanan di bab KIA Puskesmas Karangmalang?
- Tidak mampu
- Kurang mampu
- Mampu
- Sangat mampu
- Menurut Anda, bagaimana kecepatan pelayanan di bab KIA Puskesmas Karangmalang?
- Tidak cepat
- Kurang cepat
- Cepat
- Sangat cepat
- Menurut Anda, bagaimana keadilan dalam mendapat pelayanan di bab KIA Puskesmas Karangmalang? Apakah Anda dipanggil sesuai dengan urutan?
- Tidak adil
- Kurang adil
- Adil
- Sangat adil
- Menurut Anda, bagaimana kesopanan dan keramahan petugas dalam menawarkan pelayanan di bab KIA Puskesmas Karangmalang?
- Tidak sopan dan ramah
- Kurang sopan dan ramah
- Sopan dan ramah
- Sangat sopan dan ramah
- Menurut Anda, bagaimana kewajaran biaya untuk mendapat pelayanan di bab KIA Puskesmas Karangmalang?
- Tidak wajar
- Kurang wajar
- Wajar
- Sangat wajar
- Menurut Anda, apakah biaya yang Anda bayarkan sesuai dengan biaya yang sudah ditetapkan di Puskesmas Karangmalang? Apakah ada biaya tambahan?
- Selalu tidak sesuai (selalu ada biaya tambahan)
- Kadang-kadang sesuai (sering ada biaya tambahan)
- Sering sesuai (kadang-kadang ada biaya tambahan)
- Selalu sesuai (tidak ada biaya tambahan)
- Menurut Anda, bagaimana ketepatan pelaksanaan terhadap jadwal pelayanan di bab KIA Puskesmas Karangmalang?
- Selalu tidak sempurna (selalu terlambat)
- Kadang-kadang sempurna (sering terlambat)
- Sering sempurna (kadang-kadang terlambat)
- Selalu sempurna (tidak pernah terlambat)
- Menurut Anda, bagaimana kenyamanan di lingkungan bab KIA Puskesmas Karangmalang? Apakah bangku dan daerah tunggunya nyaman?
- Tidak nyaman, lantaran …
- Kurang nyaman, lantaran …
- Nyaman
- Sangat nyaman
- Menurut Anda, bagaimana keamanan (aman untuk ibu/anak) di lingkungan Puskesmas Karangmalang?
- Tidak aman, lantaran …
- Kurang aman, lantaran …
- Aman
- Sangat aman
Artikel Terkait: Contoh Surat Penawaran Barang Yang Menggoda Calon Pelanggan
Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan #2
Contoh Kuesioner Tertutup
Contoh Kuesioner Tertutup #1
KUESIONER PENELITIAN
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP IMPLEMENTASI STANDAR PENDIDIKAN PROFESI DOKTER INDONESIA TERHADAP PENGELOLAAN PEMBIMBINGAN SKRIPSI MAHASISWA
(Studi Kasus di Fakultas Kedokteran Unswagati Cirebon)
Nama Mahasiswa (Inisial) : ASM
Tingkat : 3
Laki-laki / wanita :Wanita
Jawablah dengan jujur dan sebetulnya bila STS : sangat tidak setuju; TS = tidak setuju; TT = tidak tahu, S = setuju; ST = sangat setuju.
Evaluasi kinerja Dosen Pembimbing Skripsi
NO | ASPEK YANG DINILAI | STS | TS | TT | S | SS |
1 | Dosen memotivasi mahasiswa dalam memunculkan topik/judul skripsi | √ | ||||
2 | Dosen membantu merumuskan judul skripsi | √ | ||||
3 | Dosen mengarahkan mahasiswa cara menelusuri gosip ilmiah cetak | √ | ||||
4 | Dosen mengarahkan mahasiswa cara mengakses jurnal elektronik | √ | ||||
5 | Dosen mengarahkan mahasiswa menulis proposal/skripsi dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar | √ | ||||
6 | Dosen mengarahkan mahasiswa menulis proposal/skripsi sesuai pedoman yang berlaku | √ | ||||
7 | Dosen memberi bimbingan penyelesaian duduk masalah dalam pelaksanaan penelitian skripsi | √ | ||||
8 | Dosen mengarahkan mahasiswa untuk melaksanakan penelitian sesuai proposal | √ | ||||
9 | Dosen menyediakan waktu yang cukup untuk konsultasi proposal/skripsi | √ | ||||
10 | Dosen mudah ditemui mahasiswa untuk berkonsultasi wacana proposal/skripsi | √ | ||||
11 | Dosen menyediakan rentang waktu yang cukup untuk menilik proposal/skripsi | √ | ||||
12 | Dosen menawarkan masukan/koreksi terhadap proposal/skripsi mahasiswa | √ | ||||
13 | Keahlian dosen sesuai dengan topik skripsi | √ |
Evaluasi kinerja tenaga manajemen dalam proses pembimbingan skripsi
NO | ASPEK YANG DINILAI | STS | TS | TT | S | SS |
1 | Tenaga manajemen selalu berada di daerah kerja selama jam kerja | √ | ||||
2 | Tenaga manajemen cepat dalam pelayanan manajemen akademik dan surat menyurat | √ | ||||
3 | Tenaga manajemen ramah dalam pelayanan pembimbingan skripsi | √ | ||||
4 | Tenaga manajemen cakap dalam penguasaan materi atau gosip terkait dengan pelayanan pembimbingan skripsi | √ | ||||
5 | Tenaga manajemen bisa dalam penyelesaian keluhan manajemen pembimbingan skripsi | √ | ||||
6 | Tenaga manajemen respon terhadap pekerjaan mendadak yang harus dilakukan (misal, informasi/surat yang harus segera disampaikan ke mahasiswa) | √ | ||||
7 | Tenaga manajemen bisa berkomunikasi dan menjalin kekerabatan yang baik dengan mahasiswa | √ |
Evaluasi sarana prasarana dalam proses pembimbingan skripsi
NO | ASPEK YANG DINILAI | STS | TS | TT | S | SS |
1 | Buku perpustakaan untuk kebutuhan skripsi lengkap | √ | ||||
2 | Perpustakaan menyediakan saluran untuk pencarian materi skripsi | √ | ||||
3 | Tersedianya daerah yang memadai untuk membaca di perpustakaan | √ | ||||
4 | Mudahnya meminjam buku di perpustakaan | √ | ||||
5 | Tersedianya saluran internet yang baik di kampus | √ | ||||
6 | Internet mudah diakses oleh mahasiswa | √ | ||||
7 | Kecepatan saluran internet oleh mahasiswa sangat memadai | √ | ||||
8 | Laboratorium sanggup dipergunakan sebagai sarana kegiatan skripsi | √ | ||||
9 | Perlengkapan Laboratorium memadai untuk kegiatan skripsi | √ | ||||
10 | Bahan habis pakai di laboratorium memadai untuk kegiatan skripsi | √ |
Evaluasi petugas sarana prasarana dalam proses pembimbingan skripsi
NO | ASPEK YANG DINILAI | STS | TS | TT | S | SS |
1 | Petugas perpustakaan selalu hadir | √ | ||||
2 | Petugas perpustakaan ramah dan menyenangkan | √ | ||||
3 | Petugas perpustakaan kooperatif terhadap keluhan mahasiswa dalam pencarian materi skripsi | √ | ||||
4 | Petugas IT mudah ditemui | √ | ||||
5 | Petugas IT ramah dan menyenangkan | √ | ||||
6 | Petugas IT kooperatif terhadap keluhan mahasiswa | √ | ||||
7 | Petugas laboratorium mudah ditemui | √ | ||||
8 | Petugas laboratorium ramah dan menyenangkan | √ | ||||
9 | Petugas laboratorium kooperatif terhadap keluhan mahasiswa | √ |
Contoh Kuesioner Tertutup #2
Contoh Kuesioner Terbuka
Di bawah ini ialah referensi kuesioner terbuka, namun lebih tepatnya disebut kuesioner gabungan (terbuka dan tertutup).
Contoh Kuesioner Terbuka #1
JURUSAN TEKNIK MESIN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
TGK. SYECH ABDUL RAUF NO 7, DARUSSALAM
BANDA ACEH 23111
KUESIONER KOMPETENSI
Petunjuk pengisian: Kuesioner ini untuk menggambarkan tingkat kepuasan pengguna dan tingkat kompetensi lulusan Jurusan Teknik Mesin Universitas Syiah Kuala (JTM-UNSYIAH) secara umum di perusahaan/ instansi. Berikan tanda (√) pada kolom yang sesuai.
Data Responden: (Diisi oleh Manajer SDM (Staf Senior) Perusahaan/Instansi)
Perusahaan/Instansi:
1 | Nama Perusahaan/Instansi: | |
2 | Bidang perjuangan /jasa /pelayanan: | |
3 | Jenis perusahaan: PMA/PMDN/BUMN (* pilih salah satu) /Instansi pemerintah | |
4 | Alamat: |
Manajer SDM (Staf Senior):
1 | Nama lengkap (dengan gelar): | |
2 | Tempat/tanggal lahir: | |
3 | Riwayat pendidikan (gelar, bidang ilmu, asal perguruan tinggi, tahun lulus):
| Diploma: Sarjana: Magister: Doktor: |
4 | No HP: | |
5 | Alamat e-mail: |
Data personalia:
- Berapa banyak lulusan JTM-UNSYIAH yang bekerja di perusahaan/instansi Saudara?
|
- Lulusan tahun berapa saja?
|
- Posisi di perusahaan sebagai apa saja?
Penilaian kepuasan terhadap lulusan JTM-UNSYIAH:
- Secara umum, apakah saudara puas dengan kinerja lulusan JTM-UNSYIAH?
Sangat tidak puas | Tidak puas | Wajar | Puas | Sangat puas |
- Menurut Saudara, apa sajakah karakter kerja lulusan JTM-UNSYIAH yang menciptakan saudara puas?
|
- Menurut Saudara, apa sajakah karakter kerja lulusan JTM-UNSYIAH yang perlu diperbaiki?
|
- Menurut Saudara, bagaimana kinerja lulusan JTM-UNSYIAH jikalau dibandingkan dengan lulusan non- JTM-UNSYIAH dalam negeri?
Jauh lebih buruk | Lebih buruk | Sama | Lebih baik | Jauh lebih baik |
- Menurut Saudara, bagaimana kinerja lulusan JTM-UNSYIAH jikalau dibandingkan dengan lulusan non- JTM-UNSYIAH luar negeri?
Jauh lebih buruk | Lebih buruk | Sama | Lebih baik | Jauh lebih baik |
Penilaian Kompetensi :
- Menurut evaluasi Saudara, sejauh mana lulusan JTM-UNSYIAH menguasai komponen-komponen kompetensi berikut?
Komponen kompetensi | Penilaian (beri tanda √ pada pilihan anda) | |||
Baik Sekali | Baik | Kurang | Buruk | |
Kompetensi individual (individual excellence) | ||||
a. Membangun tim yang efektif | ||||
b. Fokus pada customer/pelanggan | ||||
c. Integritas dan trust | ||||
d. Keterampilan interpersonal | ||||
e. Kemampuan mendengarkan | ||||
f. Kemampuan membina hubungan | ||||
g. Memiliki visi dan tujuan | ||||
h. Memotivasi yang lain | ||||
i. Keterampilan negosiasi | ||||
j. Pembelajaran dan pengembangan diri | ||||
k. Menghargai perbedaan | ||||
Kompetensi organisasi | ||||
a. Mampu nyaman di tengah otoritas | ||||
b. Komunikasi tertulis | ||||
c. Keterampilan presentasi | ||||
d. Kemampuan organisasional | ||||
Keberanian (courage) | ||||
a. Manajemen konflik | ||||
b. Menilai talenta | ||||
c. Keberanian manajerial | ||||
Hasil | ||||
a. Berorientasi pada tindakan | ||||
b. Mengarah pada hasil | ||||
Strategi | ||||
a. Keterampilan fungsional/teknis | ||||
b. Pembelajaran teknis | ||||
c. Kualitas keputusan & penyelesaian masalah | ||||
d. Daya tahan intelektual | ||||
e. Belajar sambil bekerja | ||||
f. Mampu mengatasi ambiguitas | ||||
g. Kreativitas | ||||
h. Kelincahan strategis dan inovasi | ||||
Operasional | ||||
a. Mengorganisasi | ||||
b. Merencanakan | ||||
c. Manajemen waktu | ||||
d. Mengembangkan yang lain | ||||
e. Mengarahkan yang lain | ||||
f. Mengelola dan mengukur pekerjaan | ||||
g. Mengelola melalui proses dan sistem | ||||
h. Pengambilan keputusan sempurna waktu | ||||
i. Penyusunan prioritas |
- Menurut evaluasi Saudara, sejauh mana lulusan JTM-UNSYIAH menguasai kompetensi berikut?
Sangat menguasai | Menguasai | Kurang menguasai | Tidak menguasai | |
1. Pengetahuan umum | ||||
2. Bahasa Inggris | ||||
3. Komputer | ||||
4. Metodologi penelitian | ||||
5. Kerjasama tim | ||||
6. Keterampilan komunikasi lisan | ||||
7. Keterampilan komunikasi tertulis | ||||
8. Proses pemberdayaan masyarakat | ||||
9. Pengetahuan teoritis spesifik Teknik Mesin | ||||
10. Pengetahuan simpel spesifik Teknik Mesin | ||||
11. Manajemen organisasi | ||||
12. Kepemimpinan/leadership |
- Menurut evaluasi Saudara, sejauh mana kompetensi berikut diperlukan?
Sangat dibutuhkan | Dibutuhkan | Kurang dibutuhkan | Tidak dibutuhkan | |
1. Pengetahuan umum | ||||
2. Bahasa Inggris | ||||
3. Komputer | ||||
4. Metodologi penelitian | ||||
5. Kerjasama tim | ||||
6. Keterampilan komunikasi lisan | ||||
7. Keterampilan komunikasi tertulis | ||||
8. Proses pemberdayaan masyarakat | ||||
9. Pengetahuan teoritis spesifik Teknik Mesin | ||||
10. Pengetahuan simpel spesifik Teknik Mesin | ||||
11. Manajemen organisasi | ||||
12. Kepemimpinan/leadership |
Kami mengucapkan banyak terimakasih
atas kesediaan Saudara untuk berafiliasi mengisi kuesioner ini
Contoh Kuesioner Terbuka #1
Contoh Kuesioner Penelitian DOC
Buat kau yang gak mau repot menciptakan baru, di bawah ini sengaja saya sediakan referensi kuesioner penelitian file DOC yang bisa kau download dan edit seduai kebutuhan.
DOWNLOAD CONTOH KUESIONER PENELITIAN
Itulah referensi kuesioner DOC yang bisa kau copy dan share. Tapi jangan luoa sertakan sumbernya ya 🙂
Contoh Kuesioner Kepuasan Pelanggan DOC
Selanjutnya berikut ini saya sajikan referensi kuesioner kepuasan pelanggan yang juga bisa kau download untuk keperluan survey usahamu.
DOWNLOAD KUESIONER KEPUASAN PELANGGAN
Contoh Kuesioner di Google Form (Cara Membuat)
Tahukah kau bahwa ketika ini teknologi semakin maju. Kamu bisa menyebar kuesioner ke responden via online, yaitu dengan google form. Sangat mudah bukan? Gimana cara menciptakan kuesioner di google form? Lihat tutorialnya di video berikut ini:
Mungkin itu sharing kita kali ini wacana referensi kuesioner. Semoga sanggup bermanfaat.
====== Contoh Kuesioner ======