'/> 8 Macam Bisnis Online Yang Dapat Anda Coba -->

Info Populer 2022

8 Macam Bisnis Online Yang Dapat Anda Coba

8 Macam Bisnis Online Yang Dapat Anda Coba
8 Macam Bisnis Online Yang Dapat Anda Coba
Dewasa ini kita menemukan fakta bahwa macam bisnis online mengalami pertumbuhan sangat pes 8 MACAM BISNIS ONLINE YANG BISA ANDA COBA
unsplash

Dewasa ini kita menemukan fakta bahwa macam bisnis online mengalami pertumbuhan sangat pesat. Dampak dari pertumbuhan itu menimbulkan perubahan yang sangat signifikan dalam perekonomian masyarakat. Banyak peluang-peluang gres yang tercipta untuk diisi oleh pemain-pemain baru. Namun disisi lain banyak pemain usang yang masih memakai cara-cara tradisional. Akhirnya tertinggal dan gulung tikar.


Pertumbuhan bisnis online sanggup ditandai dengan semakin banyaknya outlet barang atau jasa yang tutup toko. Hal ini seiring dengan munculnya banyak jasa atau produk yang dipasarkan secara online.


Tanda pertumbuhan bisnis online juga sanggup kita lihat dari maraknya jasa pengiriman kargo. Dulu hanya ada POS Indonesia, kini muncul JNE, TIKI, J&T, Wahana Logistik, First Logistics, Cahaya Logistik, Pandu Logistik dan lain lain. Mungkin kedepan akan semakin banyak jasa pengiriman, dan semakin canggih sarananya.


Ini yakni peluang bagi pemain gres untuk mengambil bab di pasar ekonomi Indonesia. Para pebisnis dari luar negeri juga sudah menyadari peluang ini. Sehingga anda harus segera mengambil peran.


Berikut ini 8 macam bisnis online yang sanggup anda coba.



1. Dropship


Dewasa ini kita menemukan fakta bahwa macam bisnis online mengalami pertumbuhan sangat pes 8 MACAM BISNIS ONLINE YANG BISA ANDA COBA


Dropship yakni sistem jual beli, dimana penjual menjualkan produk orang lain tanpa harus nyetok barang yang dimaksud. Dia hanya fokus mengatakan barang tersebut kepada customer-customernya. Jika ada pembeli maka beliau akan meminta si pemilik barang (supplier) mengirim barang kepada pembeli tadi. Pelaku dropship disebut dengan dropshiper, dalam istilah tradisional dikenal dengan nama makelar. Makara dropshiper sebanarnya sama dengan makelar di offline.


Kelebihan dari bisnis ini, anda tidak membutuhkan modal besar. Sehingga bisnis ini sangat cocok untuk pemula. Caranya menyerupai ini: sehabis anda memasarkan produk tersebut maka akan ada orang yang berminat membeli. Pembeli tersebut akan mentransfer uang kepada anda. Setelah itu anda sanggup gunakan uang tersebut untuk membeli barangnya ke pihak supplier. Selisih antara harga jual anda dengan harga jual supplier, itulah laba anda.


Meskipun menjual produk orang lain, anda tetap bisa membangun merk dengan sistem ini. Anda bisa meminta kepada supplier untuk mengirim barang pesanan atas nama anda (sebagai pengirim).


Sistem ini juga mempunyai kekurangan, yaitu dalam hal ketersediaan barang. Stok barang di supplier tidak selalu ada, sehingga anda harus selalu aktif bertanya ke supplier apakah stoknya tersedia atau tidak. Jika anda sudah terlanjur mendapatkan transferan dana dari customer, tapi ternyata stok barang di supplier kosong, big duduk perkara buat anda.


2.Affiliate Marketing


Dewasa ini kita menemukan fakta bahwa macam bisnis online mengalami pertumbuhan sangat pes 8 MACAM BISNIS ONLINE YANG BISA ANDA COBA
blog.meraevents.com

Affiliate Marketing yakni menjualkan produk orang lain dengan sistem bagi hasil. Bisnis ini menyerupai dengan dropship, tapi lebih simple.

Bedanya kalau dropship, anda masih perlu mengurus pemesanan barang ke supplier supaya dikirim ke customer anda, kalau di affiliate hanya memakai link. Saat ada orang yang berminat membeli produk tersebut melewati link anda, maka anda akan mendapatkan keuntungan. Supplier juga sudah otomatis mengetahui bahwa pembelian produk tersebut melalui link anda.


Prakteknya menyerupai ini, affiliate marketer (sebut saja A) membangun website dan menulis “artikel menciptakan website dari Hostinger” yang mendatangkan banyak pengunjung/visitor. Jika websitenya sudah banyak pengunjung, si A sanggup memasang link pembelian produk Hostinger. Hasil penjualan melalui website si A ini nanti akan dibagi dengan si pemilik Hostinger sesuai kesepakatan. Pembagian komisinya bisa jadi 50% : 50%, 30%: 70% atau yang lainnya. Tergantung keahlian affiliate marketer. Semakin handal keahlian affiliate nya, biasanya semakin besar komisi keuntungannya.


Jadi bisa digaris bawahi kata “melewati” ini penting. Makara penjualan yang hanya melewati si A itu saja sudah mendatangkan laba untuk si A. Praktis sekali bukan. Dengan bisnis ini anda tinggal fokus mendatangkan pengunjung/visitor di website atau grup anda. Tidak perlu mengurus kualitas produk, pengiriman produk ataupun garansi produk. Meski begitu anda dihentikan sembarangan menentukan suppliar (pemilik produk). Jika produk yang anda jual tidak memuaskan pembeli, maka sanggup menurunkan dapat dipercaya anda.


Kekurangan bisnis ini, bila anda tidak teliti menentukan Affiliate Network anda bisa tidak jadi menerima persentasi laba yang dijanjikan. Anda sudah capek-capek menjualkan produknya, tapi tidak dianggap bahwa itu hasil penjualan anda. Tentu sangat menyakitkan.


3. Reseller


Dewasa ini kita menemukan fakta bahwa macam bisnis online mengalami pertumbuhan sangat pes 8 MACAM BISNIS ONLINE YANG BISA ANDA COBA
cctmagazine.homestead.com

Bisnis ini juga menyerupai dengan dropship. Perbedaannya ada pada stok barang. Seorang reseller harus mempunyai stok barang yang dibeli dari supplier. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah dari supplier otomatis reseller harus membeli dalam jumlah yang banyak.


Kelebihannya dibanding dropshiper, anda sanggup mengetahui secara peasti berapa persediaan produk anda. Jika ada pertanyaan dari pembeli “mau beli 10 pcs ada gak?”, anda bisa pribadi menjawab “ada” atau “tidak”. Berbeda dengan dropshiper, dikala ada pertanyaan menyerupai itu dropshiper harus bertanya dulu ke supplier. Untung kalau suppliernya fast respon, Kalau slow respon anda bisa kehilangan pembeli, hehe.

Namun untuk memulai bisnis ini, anda perlu menyediakan dana lebih banyak uang untuk nyetok barang. Semakin banyak uang modal anda semakin besar laba anda.


4. Jual produk sendiri di onlineshop


Dewasa ini kita menemukan fakta bahwa macam bisnis online mengalami pertumbuhan sangat pes 8 MACAM BISNIS ONLINE YANG BISA ANDA COBA
entrepreneur.com

Online shop pada prinsipnya sama menyerupai toko konvensional biasa di offline. Penjual menciptakan toko di Instagram, website, atau marketplace (tokopedia, bukalapak, shopee, dll), kemudian memasang seluruh dagangannya disana lengkap dengan foto, spesifikasi dan harganya. Calon pembeli sanggup melihat-lihat barang yang diinginkan. Perdagangan online ditandai dengan pembayaran virtual fia bank.


Tidak semua barang sanggup dijual di toko online. Ada beberapa kriteria barang yang bisa dijual online. Misalnya, barang sulit ditemukan di offline, mempunyai keunikan, banyak dicari secara online, gampang dikirim dan lain-lain.


Model bisnis online ini pun sangat tergantung pada seberapa banyak visitor toko anda. Semakin banyak visitor semakin banyak penjualan. Pemilik toko biasanya memakai banyak sekali cara untuk memanggil pengunjung, salah satunya dengan beriklan. Makara tidak hanya perjuangan offline yang membutuhkan dana promosi, tapi juga toko online.


Ada banyak cara untuk mempromosikan produk atau toko anda. Anda bisa memakai jasa FB ADS apabila ingin menjemput bola. Iklan anda akan muncul di beranda FB orang-orang. orang tersebut tidak berniat mencari produk anda, tapi anda menyodorkan produk tersebut di depan matanya dengan tampilan yang super menarik.


Kedua, bisa memakai Adwords. Ini yakni metode menunggu bola. Iklan ini difasilitasi oleh google. Iklan anda hanya akan ditampilkan dikala ada orang yang mencari produk anda. Meskipun yang melihat produk anda tidak terlalu banyak, tapi mereka yakni sasaran yang spesifik. Mereka yakni orang yang mencari produk anda dan siap membelinya.


5. PTC (Paid to Click)


Dewasa ini kita menemukan fakta bahwa macam bisnis online mengalami pertumbuhan sangat pes 8 MACAM BISNIS ONLINE YANG BISA ANDA COBA
google.com

Salah satu bisnis PTC yang cukup dikenal oleh online marketer yakni “adsence”. Intinya anda akan mendapatkan uang dikala ada orang yang meng-klik iklan yang dipasang di website anda. Makara penghasilan dari bisnis ini yakni tergantung dari banyaknya pengunjung di website anda.


Pertama, anda harus mempunyai website yang diisi dengan konten-konten yang menarik dan bermanfaat bagi banyak orang. Konten bisa berupa artikel yang berisi gambar, informasi, pendidikan, atau sekedar sastra. Semakin menarik dan lengkap artikel anda maka akan semakin baik di mata google dan pembaca.


Tanda artikel anda disukai oleh google yakni bila google menempatkan artikel anda berada di halaman pertama dikala diketik keywordnya. Syukur-syukur bisa berada di baris pertama, maka otomatis dolar akan mengalir ke rekening anda.


Enak ya? Tunggu dulu.

Tidak gampang lho bersaing mendatangkan pengunjung ke website anda. Begitu banyak pesaing diluar sana yang memainkan bisnis ini. Jika tak akil menciptakan konten artikel maka website anda akan jarang dikunjungi orang.

Bagi yang suka menulis, bisnis ini niscaya sangat menyenangkan.

Ada satu lagi ilmu yang harus dikuasai dalam bisnis adsence, yaitu SEO (Search Engine Optimization). Yaitu sebuah perjuangan yang dilakukan untuk meningkatkan pengunjung di website, supaya terlihat baik di mata google.


6. Reseller Domain dan Hosting


Dewasa ini kita menemukan fakta bahwa macam bisnis online mengalami pertumbuhan sangat pes 8 MACAM BISNIS ONLINE YANG BISA ANDA COBA
popcorn-it.com

Bisnis ini juga tidak banyak membutuhkan modal. Anda bisa menjalankan bisnis ini sesuai dengan kemampuan kantong. Anda bisa saja menjadi reseller domain dan hosting ataupun menjadi server domain dan hosting.


Kebutuhan domain dan hosting dikala ini semakin banyak, seiring dengan kesadaran masyarakat pada domain dan hosting yang resmi. Peluang ini bisa dimanfaatkan dengan cara melaksanakan penyadaran akan pentingnya platform dan hosting yang resmi, kondusif dan seo friendly tentunya. Penyadaran bisa dilakukan terhadap pengguna blogger gratisan. Setelah mereka tertarik, otomatis mereka akan membeli membeli domain dan hosting kepada anda.


7. Jasa Penyedia Artikel


Dewasa ini kita menemukan fakta bahwa macam bisnis online mengalami pertumbuhan sangat pes 8 MACAM BISNIS ONLINE YANG BISA ANDA COBA
masterukm.com

Bisnis ini sangat cocok dijadikan sebagai kerjaan sampingan. Modalnya hanya laptop dan koneksi internet. Kerjanya sanggup dilakukan kapan saja dan dimana saja.


Bisnis ini sangat berpeluang, alasannya yakni dikala ini banyak sekali pemilik – pemilik website gres yang tidak sempat mengisi websitenya. Biasanya mereka akan mencari para penulis freelance yang mau dibayar untuk menulis konten artikel.


Konten atikel dibagi menjadi dua, yaitu artikel berbahasa Inggris dan berbahasa Indonesia. Artikel bahasa Inggris tentu mempunyai nilai jual yang lebih mahal. Jika anda menguasai english writing, maka dengan gampang dolar mengalir ke rekening anda.


Harga sebuah artikel biasanya dilihat dari banyaknya jumlah kata. Semakin banyak kata yang dipakai otomatis semakin lengkap pembahasannya. Paket jumlah kata biasanya terdir dari 300 kata, 500 kata, 1000 kata, 2000 kata dan seterusnya.


Secara umum goresan pena anda bisa dari banyak sekali sumber, tergantung undangan clian. Ada clien yang meminta anda menciptakan goresan pena yang bersumber dari isu faktual yang anda liput sendiri, menyerupai wartawan. Ada clien yang hanya meminta anda me-rewrite goresan pena dari sebuah website, dengan bahasa anda sendiri.Ada juga clien yang meminta anda untuk menulis artikel sesuai dengan kerangka yang beliau buat, anda tinggal mengisi kontennya dari banyak sekali sumber.


8. Jasa SEO Website


Dewasa ini kita menemukan fakta bahwa macam bisnis online mengalami pertumbuhan sangat pes 8 MACAM BISNIS ONLINE YANG BISA ANDA COBA
shutterstock.com

Adalah jasa santunan untuk meningkatkan traffic sebuah website.Intinya bisnis ini mengatakan jasa untuk menciptakan sebuah website dipandang baik oleh Google sehingga diletakkan di halaman pertama dan baris pertama. Jika konten dari sebuah artikel sudah berada di baris pertama otomatis akan semakin banyak pengunjung.


Bisnis ini membutuhkan pemahaman yang matang terhadap algoritma mesin pencari Google. jangan coba-coba bisnis ini bila belum mempunyai skill SEO yang mumpuni. Jika salah langkah, visitor website clien anda bukannya naik tapi malah di de-index oleh google.

Demikianlah delapan macam bisnis online yang saya rangkum, tentunya masih banyak cabang bisnis online yang lain. Semakin usang model bisnis online semakin berkembang. Jangan mau ketinggalan. Segera action!



Advertisement

Iklan Sidebar